Pages

Selasa, 12 April 2011

pemasaran lingkungan makro


Lingkungan Demografi

Pertumbuhan penduduk. Angka pertumbuhan penduduk akan mempengaruhi tingkat peluang pemasaran bagi suatu produk ataupun jasa. Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi akan semakin membuka peluang lebih luas, karena bagaimanapun akan terkait dengan seberapa besar suatu produk atau jasa akan bisa diserap oleh pasar.

Perbandingan prosentase umur. Kategorisasi umur dalam pemasaran biasanya dimulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Prosentase pada setiap umur akan menentukan juga peluang bisnis b di dalamnya. Untuk produk atau jasa yang ditujukan pada pasar anak-anak misalnya, dari jumlah populasi penduduk secara keseluruhan, perlu dilihat berapa persen jumlah anak-anak dari keseluruhan penduduk.

Pasar etnik. Pasar etnik juga merupakan salah satu potensi pasar yang perlu dipertimbangkan. Etnis tertentu biasanya mempunyai kecenderungan, preferensi, dan kebutuhan bersama yang unik dan tidak dimiliki oleh etnis lain.

Tingkat lulusan akademik. Tingkat lulusan akademik akan berpengaruh terhadap pola belanja dan gaya hidup seseorang. Cara memasarkan untuk kalangan berpendidikan tinggi akan berbeda dengan cara pemasaran untuk pendidikan yang lebih rendah.

Pola kehidupan rumah tangga. Rumah tangga di Indonesia sebagian masih menerakan pola keluarga besar dengan orang tua dan anak-anak masih berkumpul dalam satu keluarga hingga tua. Namun demikian, di kota-kota besar keluarga-keluarga muda sudah mulai mandiri dan memiliki rumah serta memisahkan diri dari orang tua mereka.

Lingkungan Ekonomi

Distribusi pendapatan. Tingkat pendapatan suatu daerah akan menentukan produk dan jasa dengan kualifikasi seperti apa yang cocok dengan daerah tersebut. Dan dengan karakter daerah di Indonesia yang sangat beragam, beragam pula potensi antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Tingkat tabungan, hutang, dan pinjaman. Tingkat tabungan, hutang dan pinjaman akan menentukan seberapa besar potensi pengeluaran yang akan dilakukan oleh seseorang.


Lingkungan Alam

Menipisnya sumber daya alam. Sumber daya alam adalah sesuatu yang terus dieksploitasi yang lama kelamaan akan habis. Salah satu kunci utama adalah melihat bagaimana sumber daya alam masih bisa dimanfaatkan dan hingga berapa lama.

Meningkatnya biaya. Sekarang ini terdapat kecenderungan bahwa biaya-biaya semakin meningkat terutama untuk listrik dan energi. Peningkatan biaya-biaya ini akan berdampak pada peningkatan biaya produksi yang setiap tahun akan semakin signifikan.

Meningkatnya polusi. Meningkatnya polusi menimbulkan masalah dalam hal kesehatan dan juga kerusakan lingkungan. Di masa depan akan lebih banyak aturan yang mengatur untuk meminimalisir polusi yang tentu saja pada beberapa sektor akan menjadi tambahan biaya yang cukup besar.


Lingkungan Teknologi

Perkembangan teknologi yang sangat cepat. Sekarang ini perkembangan dalam hal teknologi semakin cepat dirasakan. Dengan datangnya internet, perubahan dinamika berlangsung dalam waktu yang semakin cepat dan skala yang semakin meluas. Globalisasi mengubah berbagai aturan main dalam berbisnis. Persaingan juga tidak lagi dalam skala lokal dan nasional, tetapi sudah mengarah pada persaingan global.

Inovasi teknologi yang terus berkembang. Perkembangan teknologi juga dibarengi dengan berbagai inovasi dalam banyak produk dan jasa. Contohnya adalah perkembangan mesin tik yang sekarang ini perlahan tapi pasti sudah mulai digantikan dengan komputer, dan berbagai contoh lain yang berada di sekitar kita.

Aturan-aturan dalam teknologi. Teknologi mempunyai keunikan sendiri dengan dinamika dan perkembangan yang sangat cepat. Melihat aturan pemerintah dalam pengaturan penggunaan teknologi mutlak diperlukan untuk mempermudah berbagai proses dalam masyarakat.

Lingkungan Politik

Aturan-aturan dalam sektor industri. Dalam menjalankan bisnis, aturan merupakan satu landasan mutlak. Karena itu, pemetaan peluang bisnis juga perlu melihat berbagai aturan yang mengatur industri tersebut sehingga tidak terjadi bentrokan ataupun masalah di kemudian hari.

Tumbuhnya organisasi-organisasi LSM dan buruh. Organisasi-organisasi LSM dan buruh di satu sisi memberikan pengaruh positif kepada pekerja untuk menyuarakan berbagai aspirasi mereka. Tetapi organisasi pekerja yang terlalu kuat akan menyulitkan perusahaan dalam beberapa proses pengambilan keputusan, karena harus melakukan banyak kompromi dengan mereka.

Lingkungan Budaya

Perbedaan budaya pada masing-masing negara. Perbedaan budaya menjadikan gaya hidup masing-masing negara dan daerah berbeda juga. Pemahaman budaya pada setiap daerah akan memudahkan pemasar menyesuaikan produk ataupun jasanya sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut.

Kepercayaan, tradisi, dan agama. Pada kelompok orang dengan kepercayaan, tradisi, dan agama yang berbeda mempunyai pola konsumsi dan gaya hidup yang berbeda dengan yang berlainan kepercayaan. Dan pada hal-hal tertentu, agama mempunyai peran yang signifikan karena mengatur mana yang boleh dan mana yang tidak dalam hal mengkonsumsi produk ataupun jasa.

Lingkungan Makro Perusahaan

Merupakan kondisi yang akan membentuk jumlah permintaan dan mendorong pada peningkatan daya beli pelanggan sehingga akan membentuk peluang sekaligus menempatkan ancaman bagi perusahaan. Ada 6 kategori lingkungan yang akan membentuk kekuatan makro perusahaan kekuatan ini akan mempengaruhi rencana pemasaran yaitu:

Lingkungan Demografis
artinya lingkungan dimana berkumpul sejumlah penduduk tingkat kepadatan meliputi berbagai etnis, kemampuan daya beli, usia bagi pemasaran merupakan potensi peluang yang dinamakan pangsa pasar. Selanjutnya pangsa pasar ini bisa dibentuk melalui strategi pemasaran agar menjadi konsumen yang potensial, tentu lingkungan demografis akan semakin berkembang dimasa yang akan datang.

Lingkungan Ekonomi
yaitu terdiri dari faktor-faktor yang akan mempengaruhi dya beli maupun pola kehidupan konsumen (minat dan selera). Sejumlah negara memiliki penduduk yang karakteristiknya berbeda. Ada yang berpikir secara ekonomis artinya membelanjakan uangnya sesuai dengan nilai-nilai ekonomi, ada pula negara yang penduduknya berpola hidup boros tanpa mempertimbangkan nilai ekonomi yang membawwa manfaat kedepan dan adapula negara yang penduduknya berdaya beli rendah. Setiap negara akan mendorong nilai pertumbuhan ekonomi agar penduduknya mempunyai daya beli sehingga perputaran transaksi akan lebih cepat untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk secara menyeluruh.

Mengubah pola pengeluran konsumen
makanan, transportasi, perumahan adalah komponan yang paling dominan menyerap penghasilan konsumen. Tentu tingkat penapatan yang berbeda akan mengubah keinginan membelanjakan pendapatan untuk kebutuhan lainnya. Apabila konsumen memiliki pendapatan melebihi dari kebutuhan pembiayaan kebutuhan diatas maka kelebihan atas pendapatan akan sialurkan dalam bentuk investasi.

Lingkungan Alam
alam semesta merupakan anugrah sumber daya yang memanfaatkan bagi kesejahteraan negara. Indonesia dianugrai lingkungan alam yang sempurna dibandingkan negara-negara lain. Tetapi kandungan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia tidak mampu meningkatkan kesejahteraan penduduknya karena eksplorasi kekayaan alam belum dapat dilaksankan sendiri melainkan dengan mengundang negara lain untuk investasi dalam teknologi maupun pemasaran sehingga mereka akan mempertimbangkan nilai tambah yang akan diperoleh sebelum dinyatakan batas nilai investasi berakhir, selama itulah pemilik ladang pertambangan, perkebunan, kelautan mereka belum mampu untuk menentukan hak yang diperoleh.

Lingkungan Teknologi
Teknologi merupakan konsep yang memanjakan konsumen dalam sektor apapun. Teknologi menyajikan kemudahan, kenyamanan dan efisiensi tetapi semakin kedepan teknologi tidak mendukung metabolisme yang dimiliki manusia sehingga dipastikan usia manusia semakin pendek dengan kemajuan teknologi. Apabila resiko teknologi mampu dikendalikan sebagai sahabat bagi manusia yang selalu konsisten menjaga dan memelihara metabolisme maka teknologi akan memperpanjang usia manusia. Contoh: x-ray awalnya adalah teknologi sinar ultra yang mampu menembus bagian-bagian tertentu pada manusia sehingga memberikan sahabat dalam mendapatkan informasi tentang keadaan manusia. Tetapi kandungan radio aktif hampir menyerupai nuklir. Apabila tidak digunakan semestinya justru akan menimbulkan resiko bagi manusia. Begitupun dalam sistem pemasaran dewasa ini teknologi merupakan bagian yang menyatu dalam informasi data tentang pertumbuhan dan pangsa pasar. Begitupun teknologi mampu memberikan infromasi akurat lainnya. Contoh: data penjualan, data piutang, dsb.

Lingkungan Politik
marketing mempunyai kebutuhan terhadap lingkungan politik terutama dalam membentuk opini terhadap konsumen agar mereka terpengaruh untuk berminat membeli produk tertentu. Pembentukan opini tidak cukup dengan promosi melainkan motivasi sebagai strategi politik untuk mengarahkan konsumen pada kebutuhan tertentu.

Lingkungan Geografis
yang dimaksud adalah letak geografis dimana perusahaan didirikan dengan jarak konsumen harus menjadi pertimbangan utama karena prinsip bahwa produk tidak boleh jauh dari konsumen. Persoalannya tidak mungkin perusahaan akan berdiri dibeberapa wilayah, melaikan mereka akan membentuk perwakilan perusahaan yang berfungsi sebagai organisatoris bagi kalangan distributor yang tersebar diseluruh pelosok hunian konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar